Mengenal Sistem Kemudi Pada Mobil

Mengenal Sistem Kemudi Pada Mobil - sistem kemudi merupakan bagian kompunen utama yang berfungsi untuk mengatur arah gerakan roda depan dengan di gerakan di putar ke kanan atau kekiri atau lurus, Bila roda kemudi diputar, kolom kemudi meneruskan putaran ke roda gigi kemudi. Roda gigi atau sering disebut steering gear kemudi ini memperbesar momen putar, sehingga menghasilkan tenaga yang lebih besar untuk  menggerakkan roda depan melalui sambungan-
sambungan kemudi (steering linkage)

Mengenal Sistem Kemudi Pada Mobil

Berikut ini kompunen utama sistem kemudi dan fungsinya :
  • 1.  STEERING WHEEL  (  Mengendalikan arah roda depan melalui lengan penghubung )
  • 2.  STEERING COLUMN  ( Untuk meneruskan arah putaran dari kemudi ke steering gear )
  • 3.  STEERING GEAR   ( Untuk memungkinkan roda depan dapat diarahkan sesuai dengan            arah putaran kemudi yang diinginkan )
  • 4.  STEERING LINGKAGE   ( Sebagai penghubung untuk memindahkan tenaga putar dari            steering wheel ke roda depan.)
Mengenal Sistem Kemudi Pada Mobil

Berikut ini jenis sistem kemudi
A.   Jenis Recirculating Ball : ...
 a.  Cara kerjanya Jenis Recirculating Ball :
  •  Pada waktu pengemudi memutar roda kemudi, poros utama yang   dihubungkan dengan roda kemudi langsung membelok. 
  • Di ujung poros utama kerja dari gigi cacing dam mur pada bak roda gigi kemudi menambah tenaga dan memindahkan gerak putar dari roda kemudi ke gerakan mundur maju lengan pitman ( pitman arm ).
  • Lengan-lengan penghubung (linkage), batang penghubung ( relay rod ), tie rod, lengan idler (idler arm ) dan lengan nakel arm dihubungkan dengan ujung pitman arm. 
  • Mereka memindahkan gaya putar dari kemudi ke roda-roda depan dengan memutar ball joint Pada lengan bawah ( lower arm ) dan bantalan atas untuk peredam kejut.
  • Jenis ini biasanya digunakan pada mobil penumpang atau komersial.
b.  Keuntungan sistem kemudi Jenis Recirculating Ball :
  •  Komponen gigi kemudi relative besar, bisa digunakan untuk mobil ukuran sedang, mobilbesar dan kendaraan komersial
  •  Keausan relative kecil dan pemutaran roda kemudi relative ringan
c. Kerugian sistem kemudi Jenis Recirculating Ball :
  • Konstruksi rumit karena hubungan antara gigi sector dan gigi pinion tidak langsung
  • Biaya perbaikan lebih mahal
d. Fungsi dan Kompunen utama sistem kemudi jenis Recirculating Ball:
  • 1.   RODA KEMUDI     ( Mengendalikan arah roda depan melalui lengan penghubung )
  • 2.   POROS UTAMA KEMUDI  ( Mengirim gaya putar roda kemudi ke bak roda gigi kemudi )
  • 3.   BATANG KEMUDI  ( Tempat Poros Utama )
  • 4.   BAK RODA GIGI KEMUDI  (  Merubah gerak putar kemudi ke gerakkan maju mundur            lengan penghubung )
  • 5.   LENGAN PITMA ( digerakkan maju mundur oleh bak roda gigi kemudi dan dihubungkan         dengan batang penghubung  )
  • 6.   BATANG PENGHUBUNG  ( Menghubungkan Tie Rod di sebelah kanan dan kiri )
  • 7.   TIE ROD  ( Menghubungkan lengan nakel dan batang penghubung )
  • 8.   LENGAN IDLE  ( Menunjang batang penghubung dan tie rod )
  • 9.   LENGAN NAKEL  (  Mengendalikan roda depan sesuai dengan gerakkan lengan                       penghubung )
  • 10. BALL JOINT SUSPENSI  ( Tempat berputarnya roda-roda depan )
  • 11. BANTALAN ATA  ( Tempat dudukan peredam kejut )
Mengenal Sistem Kemudi Pada Mobil

Mengenal Sistem Kemudi Pada Mobil

B. Jenis  Rack and Pinion:
a. Cara kerja sistem kemudi Jenis  Rack and Pinion:
  • Pada waktu roda kemudi diputar, pinion pun ikut berputar.
  • Gerakan ini akan menggerakkan rack dari samping ke samping dan dilanjutkan melalui tie rod ke lengan nakel pada roda-roda depan sehingga satu roda depan didorong,
  • Sedangkan satu roda tertarik, hal ini menyebabkan roda-roda berputar pada arah yang sama.
  • Kemudi jenis rack and pinion jauh lebih efisien bagi pengemudi untuk mengendalikan roda-roda depan.
  • Pinion yang dihubungkan dengan poros utama kemudi melalui poros intermediate, berkaitan denngan rack.
b. Keuntungan sistem kemudi jenis Rack and Pinion:
  • Konstruksi ringan dan sederhana
  • Persinggungan antara gigi pinion dan rack secara langsung
  • Pemindahan momen relatif lebih baik, sehingga lebih ringan
c. Kerugian sistem kemudi jenis Rack and Pinion:
  • Bentuk roda gigi kecil, hanya cocok digunakan pada mobil penumpang ukuran kecil 
  • Lebih cepat aus
  • Bentuk gigi rack lurus, dapat menyebabkan cepatnya keausan
d. Fungsi dan kompunen sistem kemudi  jenis Rack and Pinion:
  • 1. RODA KEMUDI ( Mengendalikan arah roda depan melalui lengan penghubung )
  • 2. POROS UTAMA KEMUDI  ( Mengirim gaya putar roda kemudi ke bak roda gigi kemudi )
  • 3. BATANG KEMUDI  ( Merupakan tempat poros utama )
  • 4. POROS INTERMEDIATE  (  Menghubungkan poros utama dan poros pinion  )
  • 5. RACK AND PINION   ( Menambah gaya yang dikirim dari roda kemudi dan gerakkan putar dirubah menadi gerak translasi )
  • 6. TIE ROD  ( Menghubungkan lengan nakel dan batang penghubung )
  • 7. SEPATU RACK  ( Mencegah masuknya lumpur dan debu kedalam mekanisme rack ) 
  • 8. LENGAN NAKEN  ( Mengendalikan roda-roda depan sesuai dengan gerakkan lengan penghubung )
Mengenal Sistem Kemudi Pada Mobil

Mengenal Sistem Kemudi Pada Mobil


0 Response to "Mengenal Sistem Kemudi Pada Mobil"

Post a Comment