Fungsi utama Diferensial ( Gardan ) yaitu untuk membedakan putaran roda kiri dan kanan pada saat mobil sedang membelok.Hal itu dimaksudkan agar mobil dapat membelok dengan baik tanpa membuat kedua ban menjadi slip atau tergelincir nguser- nguser.
Berikut ini uraian sistem kerja Diferensial Mobil:
A ..Sistem Diferensial Mobil pada sa`at mobil berjalan lurus Cara kerja nya yaitu:
- Pada saat mobil berjalan lurus keadaan kedua ban roda kiri dan kanan sama - sama dalam kecepatan putaran yang sama.
- Beban yang ditanggung roda kiri dan roda kanan adalah sama.
- Urutan perpindahan putaran Yaitu dari as kopel diteruskan memutar drive pinion .
- Drive pinion memutar ring gear , ring gear bersama - sama dengan differential case akan berputar.
- Dengan berputarnya differential case , maka pinion gear akan terbawa berputar bersama dengan differential case karena antara differential case dan pinion gear dihubungkan dengan pinion shaft.
- Karena beban antara roda kiri dan roda kanan adalah sama saat jalan lurus , maka pinion gear akan membawa side gear kanan dan side gear kiri untuk berputar dalam satu kesatuan.
- Jadi dalam keadaan jalan lurus sebenarnya pinion gear tidak berputar , pinion gear hanaya membawa side gear untuk berputar bersama - sama dengan differential case dalam kecepatan putaran yang sama.
- Bila differential case berputar satu kali , maka side gear juga berputar satu kali juga , demikian seterusnya dalam keadaan lurus. Putaran side gear ini kemudian akan diteruskan untuk menggerakkan as roda dan kemudian menggerakkan roda yang membuat mobil berjalan
B.. Cara kerja sistem Diferensial saat kendaraan membelok , cara kerjanya yaitu:
- Pada saat mobil membelok beban yang ditanggung pada roda bagian dalam adalah lebih besar daripada beban yang ditanggung roda bagian luar . Misalkan sebuah mobil sedang belok ke kiri, maka beban pada roda kiri akan lebih besar daripada beban roda kanan.
- Dengan demikian urutan perpindahan tenaganya adalah sebagai berikut ; P:utaran dari as kopel akan diteruskan untuk memutar drive pinion .
- Drive pinion akan memutar ring gear . Dengan berputarnya ring gear maka differential case akan terbawa juga untuk berputar.
- Karena beban roda kiri lebih besar dari roda kanan saat belok ke kiri , maka side gear sebelah kiri akan memberi perlawanan terhadap pinion gear untuk tidak berputar .
- Gaya perlawanan dari side gear kiri ini akan membuat pinion gear menjadi berputar mengitari side gear kiri.
- Dengan berputarnya pininon gear , maka side gear kanan akan diputar oleh pinion gear. Sehingga side gear kanan akan berputar lebih cepat dari side gear kiri.
- Gerakan side gear ini akan diteruskan ke as roda kemudian ke roda.
- Untuk roda kanan akan berputar lebih cepat daripada roda kiri karena side gear kanan berputar lebih cepat.
Nah itulah sebagian dari keterangan sistem diferensial mobil, mudah - mudahan keterangan ini dapat menambah wawasan kita tentang sistem diferensial mobil........ ok
0 Response to "Mengenal Sistem Diferensial Mobil"
Post a Comment